HONEYMOON di TURKI #1

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu setelah the big day kemarin datang juga, honeymoon ke Turki. Yeeaaahh!! Kita sudah merencanakan honeymoon ini dari tahun lalu. Yang dari awalnya mau ke Bali, terus berubah rencana mau keliling Asia Tenggara (mau lihat Angkor Wat, Kamboja). Sampai akhirnya diputuskanlah ke Turki. Kenapa ke Turki? Sebenarnya keliling Eropa juga masuk ke dalam salah satu list, tapi selain karena lebih mahal (uangnya udah habis buat wedding kemarin, haha) kayaknya Turki lebih seru deh. Kebetulan saya dan masDim ada di jalur yang sama, sama-sama suka wisata alam, bukan wisata shopping atau wisata kota. Ketika masDim ngasih ide honeymoon ke Turki saya langsung googlingkayak apa sih Turki itu. Dan yang muncul di Google semua isinya pemandangan bagus! Langsung saya "okee"!!

Karena Turki itu masih termasuk ke dalam negara berkembang dan kita berpikir untuk masalah public transport belum terlalu settled seperti di negara-negara Eropa Barat atau Jepang, jadi kita memutuskan untuk pakai jasa tour saja. Selain itu karena ini judulnya honeymoon, kita maunya tinggal duduk manis , makan cantik dan foto-foto narsis saja. Jadi mohon dimaklumi kalau agak manja, hihihi..

Setelah deal dengan jasa tour nya, kita dikirimkan detail itinerary selama perjalanan di Turki. Saya googling satu persatu daerahnya, dan kita betul-betul akan keliling Turki, yes, literary kita akan mengelilingi Turki! Ibaratnya kalau di Pulau Jawa dari Jakarta kita akan pergi lewat jalur selatan ke arah Surabaya dan kembali lagi ke Jakarta lewat jalur utara. Setiap harinya kita akan road trip dengan menggunakan bis besar dan pindah hotel juga setiap harinya. Tapi semua perjalanan panjang itu terbayar ketika selama perjalanan kita disodorkan pemandangan yang kebanyakan hijau rumput dan putih salju (karena saat itu sedang musim dingin).

Pemandangan selama di perjalanan. Picture don't do it justice.

Ini dia itinerary selama di Turki:

#Day 1 : Jakarta - Istanbul
#Day 2 : Istanbul - Troy - Canakkale
#Day 3 : Canakkale - Pergamon - Kusadasi
#Day 4 : Kusadasi - Selcuk - Pamukkale
#Day 5 : Pamukkale - Konya - Cappadocia
#Day 6 : Cappadocia
#Day 7 : Cappadocia - Ankara - Bolu
#Day 8 : Bolu - Istanbul
#Day 9 : Istanbul - Jakarta

Yes, jadwalnya padat sekali. Tapi at least kita tahu spot-spot paling cantik yang ada di Turki itu di daerah mana, jadi kalau kita mau kesana lagi (tapi tunggu keadaan Turki aman dan budget jalan-jalan sudah kekumpul lagi sih) kita bisa jalan sendiri tanpa tour. Detail daerahnya satu-persatu nanti akan saya post ya.

Perjalanan ke Turki ini betul-betul perjalanan saya yang paling ngga akan dilupakan. Because I just found my best-travel-partner. Looking forward for our next journey in another place and another step in life. :)