Day-3-2 : Hobbiton

Setelah check-out dari Food-Court Hotel :p, jam 5 pagi kita langsung bergegas telepon Apex Car Rental buat minta dijemput di Terminal kedatangan (memang ini bagian dari service mereka). Jarak Antara Airport - APEX car rental cukup dekat dan bisa ditempuh hanya dalam 5 menit.

Sampe Apex, kita langsung kasih bukti booking mobil sewaan kita. terus pihak Apex minta kita tunjukkin Driving License, dan kita keluarin SIM International. Sebetulnya kata orang-orang SIM terjemahan sudah cukup, tapi untuk jaga-jaga kita juga bikin SIM International sebelum berangkat. Dari pada sudah jauh-jauh terus ngga bisa sewa mobil karena masalah SIM, kan ngga lucu gan!

Kelar semua urusan sewa rental beres, kita langsung diantar ke mobil sewaan kita. kita sewa Toyota Yaris buat 1 hari.

Yes ! We are ready for you, Hobbiton !

View di sepanjang jalan menuju Hobbiton

Rute perjalanan dari Auckland ke Hobbiton dan mobil sewaan kita

Perjalanan menuju ke Hobbiton ditempuh kurang lebih 3 jam dan di sepanjang perjalanan kita akan melewati keindahan alam North Island NZ. Selama ada GPS, perjalanan bakalan aman. GPS yang kita pakai di mobil ini belum termasuk dari paket sewa mobil, jadi harus nambah lagi untuk GPS ini.
Di NZ batasan kecepatan penting banget untuk diperhatikan, jadi harus sering-sering waspada sama rambu-rambu speed limit yang ada di sepanjang jalan. Biasanya kalau di jalanan dalam kota itu batasannya 50 km/jam, tapi kalau di jalanan antar kota itu maksimal bisa sampai 100 km/jam. Jalanan NZ itu udah kaya pantat bayi gan, mulus banget!! Jadi kadang-kadang suka kebablasan tuh 100km/jam, ngga kerasa tiba-tiba udah lewat aja speed limit nya. Nah untungnya di GPS yang ada di mobil ini ada alarmnya kalau kita melewati batas kecepatan. Jadi bisa langsung ngurangin kecepatan sebelum ketauan sama polisi.

Setelah menempuh perjalanan panjang akhirnya sekitar jam 9 kita sudah sampe Hobbiton. Kita booking tour Hobbiton ini untuk yang jam 10, tapi ternyata hari itu sudah full booked jadi ngga bisa di re-schedule ke jam 9. Ternyata kita kesana pas musim liburan anak-anak sekolah, jadi lumayan rame. Kalau ngga full booked sih katanya bisa aja di majuin schedule nya. Ya gapapa lah, sambil nunggu kita foto-foto dulu dong daripada bengong.

Akhirnya sampai juga giliran kita. Assalamualaikum Hobbiton!! Setiap group tour ada 1 tour guide nya, buat para pengabdi LOTR pasti kalau ke sini akan merasa seperti ada di dalam film LOTR begitu masuk Hobbiton. Jadi kalau kata mbak tour guide nya, semua scene outdoor itu dilakukan langsung di set movie ini, tapi untuk scene indoor (seperti di dalam rumahnya Bilbo) itu dilakukan di studio. Emang kelihatan banget gimana perfeksionisnya Peter Jackson, semua property yang ada di sini dari mulai rumah sampai jemuran itu dibuat detail banget, dan memang dengan skala Hobbit alias mini-mini. Bahkan pohon besar yang ada di scene pesta ulang tahunnya Bilbo, itu dibuat khusus supaya pohonnya terlihat super besar.

Rumahnya Bilbo Baggins. Tapi Bilbo nya ngga ada, lagi macul katanya

Rumahnya Samwise

Property jemuran seukuran Hobbit. Ucuuul!

View jembatan ke Hobbiton yang ada di scene LOTR

Ditengah-tengah tour kita diperkenalkan dengan macam-macam permainan Hobbit dan bisa kita mainin juga.

Mainannya para Hobbit, ane lupa namanya

Di akhir tour, kita akan diajak mengunjungi Dragon Inn (bar yang paling hip dikalangan para Hobbit). Disini kita bisa langsung merasakan suasana di dalam Dragon Inn, betul-betul seperti di scene LoTR. Selain itu kita juga bisa pesan minuman dari bartender, dan ini free lho! Tenang aja, meskipun judulnya bar, tapi ada juga minuman yang non-alkohol.

Suasana di dalam Dragon Inn

Kelar hobbiton trip selama 2 jam, kita langsung ke Apex untuk balikin mobil. Berhubung di NZ cuma seminggu, kita memang sengaja mau meng-explore lebih di South Island NZ, karena katanya view nya lebih bagus di Selatan daripada di Utara. Jadi tujuan utama kita di North Island hanya ke Hobbiton aja.
Setelah balikin mobil rental kita langsung menuju Ibis Budget yang dekat airport, ini juga di antar pakai shuttle nya Apex. Akhirnyaaa bisa tidur dan mandi dengan khidmat setelah 3 hari 2 malam ga ketemu kasur dan kamar mandi yang proper.

Istirahat yg cukup karena besok hari kita menuju South Island utk Roadtrip with Campervan! Woohoooo!