HONEYMOON di TURKI #6 (CAPPADOCIA - ANKARA - BOLU)


CAPPADOCIA


Kota ini merupakan tujuan utama kami ke Turki, karena disini bisa melihat pemandangan yang baguuuss banget dari atas menggunakan balon udara. Tapi sayang seribu sayang (hiks), cuacanya saat kami kesana ngga memungkinkan untuk terbang. Beberapa tahun yang lalu terjadi kecelakaan balon udara yang menewaskan beberapa turis asing, jadi saat ini safety-nya sangat ketat sekali, faktor cuaca dan angin yang menjadi perhatian utama pemerintah kota dalam mengeluarkan ijin terbang. Jadi yasudahlah, bye-bye balooon.. We're definitely will be back here! (InshaAllah...)

Harusnya pemandangannya kayak gini nih. (Source by: Google)

Tapi ngga apa-apa lah, selain Hot Air Balloon juga masih banyak kok tempat-tempat di Cappadocia yang ngga kalah serunya yang bisa di explore, salah satunya Goreme Open Air Museum. Tempat ini wajib banget dikunjungi kalau liburan di Cappadocia, karena termasuk ke dalam UNESCO World Heritage Site. 
Pada zaman Byzantine, Goreme adalah sebuah kompleks besar yang dihuni sejumlah biarawan  yang terdiri dari beberapa ruangan dan gereja dengan keunikan masing-masing didalamnya. Ruangan-ruangan dan gereja ini berada dalam satu kompleks bebatuan yang besar yang dibangun vertikal sejauh kurang lebih 1 KM ke atas. Saya ngga habis pikir bagaimana mereka membuat kompleks ini pada awalnya. This place is super duper amazing!

Penampakan Gerome dari atas bukit

Selamat Datang di Goreme Open Air Museum!

Tempat selanjutnya yang kami kunjungi masih bertema gua-gua, tetapi area gua kali ini masih dihuni oleh beberapa keluarga. Kami diajak untuk mengunjungi salah satu keluarga yang tinggal di daerah ini, mereka ramah sekali! Kami disuguhkan teh khas Turki dan bercerita bagaimana kehidupan di daerah ini. Salah satu ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang wanita di daerah ini adalah membuat karpet. Kalau kamu bisa membuat karpet dengan motif yang sangat bagus, kamu bisa menjadi wanita idaman rebutan para pria di daerah ini (ya kali, hehe..). Jadi ngga heran ketika kami masuk ke dalam kediaman keluarga ini, di dalamnya banyak sekali karpet-karpet dengan motif-motif khas Turki yang sangat bagus, yang kalau dijual bisa sampai puluhan juta rupiah.

Penampakan di dalam rumah gua. (macam lagi arisan ya)

Thanks a lot for your kind hospitality Cave Family...


ANKARA

Besok harinya dari Cappadocia kami menuju Ankara. Meskipun Ankara merupakan Ibukota Turki, tapi kota ini tidak sebesar Istanbul. Ankara hanya merupakan kota pemerintahan saja, sedangkan Istanbul, karena letaknya yang strategis (terletak di antara benua Asia dan Eropa), merupakan salah satu kota perdagangan terbesar di dunia.
Tempat yang wajib dikunjungi di Ankara adalah Ataturk Mausoleum, makam presiden pertama Turki, Mustafa Kemal Ataturk.


Ataturk Mausoleum
Pas ada pergantian shift jaga.



2 comments:

  1. wah jadi pengen liat langsung balon terbang yang banyak kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun demikian hahaha. Sayang waktu itu belum dikasih kesempatan krn anginnya lg kenceng2nya T_T

      Delete