Day-1: CGK-Sydney dan Persiapan melewati Custom Declare


Tibalah hari keberangkatan kita dari Soekarno Hatta Airport (CGK) menuju Sydney Kingsford Smith (22.45 – 09.30) dengan Garuda Indonesia. 




Kita dapat tiket promo GA PP 5.6juta saat Garuda Travel Fair. Sengaja ane cari penerbangan yang ke OZ biar bisa jalan-jalan sebentar di Sydney sebelum ke NZ dan kalau bisa dapat tiket maskapai full service kayak Garuda ini. 

Untuk travelling kali ini kita ngurus 2 visa sekaligus, 1 Visa Transit Multiple OZ dan Visa Single Entry NZ. Postingan tentang Visa NZ dan OZ bisa di lihat di sini gan.

Perjalanan menuju NZ ini, kita bakalan ngelewatin 2 Custom Declare yaitu saat di Sydney dan Auckland. Jadi sebelum berangkat kita sudah riset barang-barang apa yang dilarang dan wajib di declare saat ngelewatin OZ dan NZ. Karena banyak yang bilang kalau Custom declare di 2 negara ini lumayan ketat, khususnya di NZ. Kalau mau lihat info lebih lengkap bisa di lihat di sini. Ngga cuma concern ke barang-barang yang kita bawa, tapi NZ juga concern banget sama sepatu yang kita pakai. Mereka ngga terima ada sepatu yang bertanah-tanah masuk ke NZ. Jadi jangan berani-beraninya masuk NZ pakai sepatu yang habis dipakai di jalanan becek yang ngga ada ojek.

Informasi barang-barang yang perlu di declare


Dari Indonesia, kita bakalan bawa banyak makanan instan, obat-obatan dan juga bumbu yang akan dipakai saat roadtrip (maklum lidah ndeso, takut ga cocok sama bumbu di sana). Semua item-item tersebut sudah kita buat listnya, jadi saat melewati petugas, tinggal dikasih aja list nya dan mereka hanya nge-check dari list itu, jadi membantu petugasnya sehingga lebih lancar saat melewati custom declare. Selain itu semua item-item tersebut kita masukin ke dalam 1 tas terpisah, incase kalau mereka ada yang item yang mau di check, gampang ngeluarinnya.



Survival Kit ala kita :p




No comments:

Post a Comment